Jumat, 03 Februari 2017

TIPS GUNAKAN KARTU KREDIT BEBAS BUNGA

TIPS GUNAKAN KARTU KREDIT BEBAS BUNGA

Kartu credit yaitu kartu yang mempunyai efek positif serta negatif. Ia jadi positif atas faedahnya, namun ia jadi negatif lantaran bunganya yang dinilai dapat menceki leher. Harus, bunga credit card memanglah termasuk juga tinggi. Maklum saja, kartu credit yaitu type utang tanpa ada jaminan.

Karenanya, di bawah ini pilihkartu merangkum panduan untuk pakai kartu credit bebas bunga, yakni :

1. Janganlah membayar tagihan dengan minimal payment
Tahukah anda bila sebagai pemegang kartu credit, anda diberikan kemudahan untuk dapat membayar tagihan dengan cara minimal payment.

Minimal payment yaitu cara pembayaran tagihan minimal, umumnya sekitaran 10% dari keseluruhan tagihan atau minimum Rp50. 000.

Jadi, umpamanya anda miliki tagihan kartu credit bln. Januari sebesar 500. 000, kebetulan bln. itu anda tak miliki cukup duit, anda dapat membayar sepuluh prosentasenya dahulu saat tagihan datang. Ini berkesan memperingan namun bakal ada konsekwensi untuk ini, yaitu dikenainya bunga sebesar 2, 95% saat tagihan selanjutnya datang.

Bunga 2, 95% ini dihitung berdasarkan keseluruhan tagihan anda yang 500. 000, bukanlah sisa tagihan yang 450. 000.

2. Lunas dalam membayar tagihan
Ini nyaris serupa dengan cara minimal payment, namun bedanya nominal yang anda bayarkan dapat semakin banyak, cuma tetap harus, tak lunas sesuai sama nominal yang ditagihkan pada billing statement pada bln. itu.

Umpamanya, Jono miliki tagihan sebesar 1. 000. 000 pada bln. Januari, ketiga tagihan datang, ia membayar 950. 000, masihlah kurang 50. 000. Di bln. selanjutnya, Jono ditagih sebesar 50. 000 + (2, 95% x 1. 000. 000) = 50. 000 + 29500 =79500

Karenanya, baiknya bila menginginkan tagihan kartu credit bebas bunga, jadi yakinkan selalu untuk membayar tagihan dengan cara lunas tiap-tiap bulannya.

3. Tak beli barang dengan system angsuran reguler
Tiap-tiap kartu credit umumnya di beri sarana angsuran teratur tiap-tiap bln.. Umpamanya kartu credit BNI dengan feature angsuran bernama BNI Installment, yaitu diijinkannya pemegang kartu credit untuk merubah transaksi minimal Rp500. 000 yang ia kerjakan jadi angsuran teratur dengan tenor dari mulai 3 bln., 6 bln. atau bahkan juga 24 bln..

Tetapi, angsuran seperti ini dipakai bunga. Misalnya saja BNI Installment, umumnya transaksi minimal 500ribu dapat dirubah ke angsuran dengan tenor 3 bln., bunga yang dipakai yaitu 1, 9% per bln. dikalikan nominal transaksi.

Karenanya, senantiasa gunakan promo-promo kartu credit yang ada. Umumnya banyak merchant bekerja bersama dengan bank penyedia kartu credit untuk memberi promo angsuran 0%, artinya akan tidak dipakai bunga sekalipun.

4. Janganlah lakukan Tarik Tunai
Type transaksi di kartu credit dibedakan dalam dua sisi besar, yaitu transaksi ritel (pembelanjaan) serta transaksi tarik tunai. Transaksi ritel (pembelanjaan) yaitu semuanya transaksi pembelanjaan seperti dining, travel, angsuran, dsb. Disamping itu, transaksi tarik tunai yaitu transaksi yang anda kerjakan dengan menarik dana dengan cara tunai di ATM memakai kartu credit.

Umumnya bunga tarik tunai serta bunga ritel besarnya sama, namun ada pula bank yang memberlakukan bunga ritel lebih rendah dari bunga tarik tunai.

Bunga tarik tunai besarnya sekitaran 2, 95%, nyaris sama juga dengan bunga ritel. Masalahnya, pada transaksi tarik tunai, terkecuali ada bunga tarik tunai sendiri, dia ada juga cost tarik tunai yang besarnya sekitaran 4%.

Contoh, Jono lakukan tarik tunai sebesar 1. 000. 000 di ATM dengan kartu credit. Jadi ia bakal dipakai tagihan sebesar 1. 040. 000, 40 ribu adalah cost tarik tunai. Saat tagihan datang, serta Jono tak dapat melunasi tagihan itu, ia bakal dipakai juga bunga tarik tunai 2, 95%.

5. Jangan pernah terlambat membayar tagihan
Terlambat membayar tagihan sebenarnya tak dipakai bunga, lebih tepatnya dimaksud dengan dengan keterlambatan. Besarnya umumnya meraih 3%. Ini berlangsung jika pembayaran tagihan kartu credit melalui batas jatuh tempo. Nah, jadi hati-hati ya masalah terlambat membayar tagihan kartu credit.

Nah, jadi saat ini anda sebenarnya dapat hindari bunga-bunga maupun bebrapa cost yang ada pada kartu credit. Dengan begini anda dapat tambah nyaman dalam memakai kartu credit bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar